Longsor di Takmung Klungkung Hingga Timbun Badan Jalan Akibatkan Kemacetan Panjang

oleh

Uri.co.id, SEMARAPURA — Hujan deras mengguyur Klungkung sejak Minggu malam (5/5) hingga Senin dinihari (6/5), menyebabkan pohon tumbang dan tanah longsor di ruas jalan Umasalakan, di Desa Takmung, Klungkung, Senin (6/5/2019).

Material longsor menutup badan jalan, hingga sempat membuat kemacetan panjang.

“Lokasi ini memang rawan longor. Nyaris setiap hujan deras, di lokasi ini selalu longsor,” ujar warga setempat, Wayan Sumendra.

Tanah setinggi 4 meter di ruas jalan tersebut, longsor bersama dengan pohon enau di atasnya. Longsoran itu selain menimpa kabel telepon, materialnya juga menutup setengah badan jalan

Kondisi ini menyebabkan kemacetan panjang, mengingat jalur tersebut merupakan ruas jalan utama Klungkung-Gianyar dan sebaliknya.

Kepolisian harus melakukan sistem buka-tutup, agar lalu lintas dapat tetap lancar.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Klungkung, bersama dengan personel TNI melakukan penanganan sekitar pukul 09.00 Wita.

Penanganan material longsor awalnya dibersihkan dengan alat manual, sehingga membutuhkan waktu cukup lama.

” Kami berkoordiansi dengan Dinas PU, untuk mendatangkan alat berat. Karena material longsor cukup banyak, dan harus dibersihkan dengan alat berat agar lebih cepat tertangani,” jelas Kalak BPBD Klungkung I Putu Widiada.

Alat berat baru datang sekitar pukul 10.30 Wita.

Pembersihan menggunakan alat berat ini, berlangsung kurang dari 20 menit hingga semua akses jalan bersih dari material longsor. (*) 

Simak video lengkapnya di bawah ini:  ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!