Rudenim Denpasar Perhatikan Khusus Karangasem Terkait Potensi Pelanggaran Imigrasi

oleh

Rudenim Denpasar Perhatikan Khusus Karangasem Terkait Potensi Pelanggaran Imigrasi

Uri.co.id, AMLAPURA – Kepala Rumah Detensi Imigrasi Denpasar Saroha Manullang melaksanakan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Karangasem yang diterima Wakil Bupati Karangasem, Bapak I Wayan Artha Dipa, di ruang kerja Wabup Karangasem, Jumat (24/5/2019).

Koordinasi itu dilakukan terkait penguatan tugas dan fungsi Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim).

“Kabupaten Karangasem mendapat atensi khusus dari Rudenim Denpasar, khususnya dalam hal pelanggaran Keimigrasian karena terdapatnya Pelabuhan Padang Bai yang merupakan jalur penyeberangan orang asing dengan jumlah yang cukup tinggi. Dalam hal ini dibutuhkan langkah-langkah sinergi dan kerja sama dari semua pihak, untuk hal itulah, Kapala Rudenim Denpasar berupaya menjalin kerjasama dan komunikasi yang bersinergi dengan pemerintah daerah terkait,” kata Saroha.

Saroha mengatakan, selain membahas kerjasama, kegiatan ini juga membahas rencana sosialisasi terkait orang asing yang ada di wilayah kerja Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB) sesuai dengan kerangka hukum Peraturan Presiden Nomor 125 tahun 2016.

Kata Saroha, dalam mekanisme administrasi terkait Penanganan Pencari Suaka atau Pengungsi Mandiri masih didominasi pihak Imigrasi.

Namun ada beberapa kendala dalam menangani hal ini, diantaranya minimnya jumlah personel Imigrasi.

Terkait dengan hal tersebut, dibutuhkan adanya sinergitas dengan instansi terkait tentang koordinasi serta pemahaman persepsi dalam FGD (Focus Group Discussion) guna menunjang pemahaman terkait penanganan orang asing.

Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa menjelaskan, Kabupaten Karangasem dikelilingi amparan pantai dari ujung barat hingga utara Karangasem yang dalam hal ini sudah tentu menjadi daya tarik wisata bagi para wisatawan mancanegara.

Audiensi diterima Wabup Karangasem didampingi Asisten I, Kesbangpil, Dinas Tenaga Terja, Dinas Pariwisata dan Dinas Perizinan.

Sedangkan Kepala Rumah Detensi Imigrasi Denpasar didampingi Gusti Gitiawan, Purnama Sutianti dan I Dewa Ayu Agung Mayasari. (*) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!