Prioritaskan Pemudik, Angkutan Barang Via Pelabuhan Padang Bai Dibatasi Selama 4 Hari

oleh

Uri.co.id, AMLAPURA – Kendaraan barang, seperti truk, yang akan menyebrang dari Pelabuhan Padang Bai, Kecamatan Manggis menuju Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, NTB dibatasi per 30 Mei sampai 2 Juni 2019 hingga pukul 00.00 wita.

Kepala Kesyahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padang Bai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin mengatakan, pembatasan operasional angkutan barang berdasarkan PM Perhubungan No. 37 tahun 2019. 

“Penutupannya selama 4 hari. Yakni tanggal 30, 31, 1, hingga 2 Juni mendatang. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi kemacetan saat arus mudik mendatang,” kata Ni Luh Putu Eka Suyasmin, Rabu (29/5/2019).

Pembatasan operasional angkutan barang meliputi kendaraan barang sumbu 3, kendaraan barang dengan kereta tempel, kereta gandengan, kendaraan barang mengangkut galian seperti tanah, batu, pasir, bahan tambang serta bangunan.

Ditambahkan, mulai Kamis (30/5/2019) penyeberangan di Padang Bai akan dikhususkan untuk kendaraan keluarga serta sepeda motor pemudik.

Diprediksi tahun ini jumlah pemudik ke Nusa Tenggara meningkat dari tahunsebelumnya.

Untuk diketahui, dari 39 ferry yang ada di Pelabuhan Padang Bai, sebanyak 31 unit akan dioperasikan melayani pemudik. Sedangkan 8 unit kemungkinan tidak beroperasi lantaran masih doking.

31 unit yang dioperasikan saat mudik dinyatakaan layak.

KSOP Pelabuhan Padang Bai juga telah mengecek kelayakan kapal ferry sebelum arus mudik padat.

Sebagian kapal tujuan Padang Bai menuju Pelabuhan Lembar juga diperiksa di Pelabuhan Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) secara maksimal. (*) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!